Video Of Day

Breaking News

Rehab Pembangunan Mesjid Agung Kota Sukabumi Ditandai Peletakan Batu Pertama Oleh Gubernur Jabar

Kota Sukabumi (SukabumiOnlineNews) 
Pelaksanaan pembangunan rehab total Mesjid Agung Kota Sukabumi ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan didampingi Walikota Sukabumi H. Mokh. Muslikh Abdussyukur dan disaksikan segenap unsur muspida serta tokoh ulama, Sabtu (18/2).
"Mesjid Agung ini nanti akan menjadi kebanggan kita dan kemakmurannnya juga megah, serta menjadi tempat kaderisasi generasi muda yang baik yang mempunyai kualitas profesional yang bermoral," katanya.

Menurutnya, sangat wajar apabila di sebuah kota dan kabupaten dibangun mesjid agung seperti di Kota Sukabumi yang menggambarkan  kebesaran umat muslim yang religius. "Dengan dibangunnya Mesjid Agung Kota Sukabumi harus bisa menggerakkan dan menumbuhkan kehidupan umat beragama khususnya muslim, serta menarik minat generasi muda untuk mau sholat berjamaah di mesjid agung ini," ujarnya.

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, setiap tahunnya Pemprov Jawa Barat selalu mengganggarkan untuk pembangunan sarana ibadah seperti Mesjid, Mushola dan lainnya. Bahkan seperti tahun lau untuk tahun 2012 ini anggarannya mencapai Rp. 75 miliar dan nantinya akan tersu bertambah.

Sementara itu Walikota Sukabumi. H. Mokh. Muslikh Abdussyukur mengatakan, pembangunan mesjid ini untuk tahap awal memakan biaya Rp. 23 miliar dan sampai saat ini sudah terkumpul sekitar Rp. 13 miliar yang sumbernya berdasarkan hasil sumbangan dari para donatur mulai pihak pengusaha, masyarakat dan PNS seta Gubernur Jawa Barat. "Seluruh biaya pembangunan sampai dengan selesai sekitar Rp. 60 miliar, untuk itu semua elemen masyarakat hendaknya tersentuh untuk ikut menyumbangkan sebagian rezekinya demi pembangunan Mesjid Agung yang menjadi simbol religitas umat muslim di Kota Sukabumi," katanya. 

Lebih lanjut Muslikh mengungkapkan, renovasi Mesjid Agung Kota Sukabumi ini merupakan yang ke delapan kalinya sejak tahun 1900 - 2012 saat ini. Dimana renovasi saat ini akan dibangun menjadi 2 lantai dengan dilengkapi fasilitas ruang rapat, ruang DKM, parkir bawah tanah dan mampu menampung sekitar 3.000 orang. "Untuk pembangunan tahap awal diperkirakan memakan waktu 8 bulan," ungkapnya. (Bud/4)

No comments