Video Of Day

Breaking News

Road Show Career & Enterpreneurship Fair (CEF) BSI 2012


Kota Sukabumi (SukabumiOnlineNews)
Universitas Bina Sarana Informatika kembali menggelar Roadshow Career & Entrepreneurship Fair BSI (CEF-BSI) 2012 dengan tema “Smart Solution Your Career & Entrepreneurship” di Sukabumi, Minggu (5/2) bertempat di gedung Juang 45 Kota Sukabumi. Career & Entrepreneurship Fair BSI merupakan salah satu kegiatan terbesar dari serangkaian program kerja yang BSI Career Center (BCC) & BSI Entrepreneur Center (BEC) Laksanakan. Kali ini dilaksanakan pada 28-31 Januari di Kampus BSI Bekasi, Jatiwaringin Jakarta Timur, Cengkareng Jakarta Barat, Bogor, Sukabumi, Bandung,Purwokerto, Yogyakarta, Pontianak dan terakhir di Karawang dengan peserta adalah mahasiswa/alumni BSI dan Nusa Mandiri serta umum.

Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Kepala BSI Career Center (BCC) Heri Kuswara mengatakan, khusus di kegiatan di Sukabumi ini pihaknya menghadirkan sebanyak 25 perusahaan dengan jumlah peserta mencapai 800 orang dari kalangan mahasiswa,alumni BSI dan Nusa Mandiri/. Dimana dalam kegiatan ini pihaknya menekankan kepada setiap perusahaan yang hadir untuk melakukan Follow-Up atas lamaran yang masuk. Hal ini penting dilaksanakan agar CEF-BSI ini bukan hanya Lips Service semata dan BSI Career Center sangat siap memfasilitasi serta memediatori proses seleksi kerja yang akan dilaksanakan perusahaan atas lamaran yang masuk tanpa dipungut biaya dan beban dalam bentuk apapun.

"Kami juga melakukan MoU dengan 5 perusahaan terkemuka dengan beberapa point penting  diantaranya, dalam MOU tersebut adalah kerjasama dalam bidang rekrutmen SDM, Program magang dan kunjungan ilmiah. Dengan MOU tersebut diharapkan dapat lebih banyak terserap mahasiswa/alumni BSI dalam dunia kerja," katanya.

Dijelaskannya, sampai saat ini jumlah Kampus BSI di Indonesia berjumlah 40 kampus serta sudah 240 perusahaan di Indonesia yang bekerjasama dengan BSI dalam hal perekrutan tenaga kerja.Khususnya di bidang Industri, Staff IT, Programmer, Data Entry, Teknisi Komputer, Pramugari, Staff Administrasi, Jurnalis, Sekretaris, Supervisor, Accounting, Marketing dll kepada mahasiswa/alumni BSI/NURI untuk dapat mengisi posisi2 tersebut.

"Dari hasil pelaksanaan ini sekitar 60 persen mahasiswa sebelum dan sesudah diwisuda sudah mendapatkan pekerjaan dan sisanya sekitar 40 persen memilih jalur wiraswasta (mandiri),"  ujarnya.

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, program BSI Career Center (BCC) tersebut terbagi dalam dua program yaitu program persiapan karir dan program penempatan serta pengembangan karir. Dimana dalam program persiapan karir dapar diikuti oleh mahasiswa semester I-VI, sedangkan untuk program penempatan dan pengembangan karir khusus bagi mahasiswa yang memasuki semester akhir. "Kami hanya sebatas menyiapkan mahasiswa yang siapa untuk bekerja dan ditempatkan di bidang mana saja, namun bukan berarti mengikuti kemauan dunia industri. Sehingga dengan adanya bursa kerja, Entrepreneur Expo, talkshow career, seminar entrepreneurship dan MOU ini, BSI memberikan berbagai pilihan dan persiapan kepada mahasiswa/alumni BSI/NURI untuk sukses berkarier menjadi seorang pegawai profesional atau menjadi pengusaha sukses," ungkapnya. (Bud/4)

Hal senada juga diutarakan Kepala Kampus BSI Sukabumi Taufik Baedowi, pelaksanaan ini merupakan yang kedua kalinya di Sukabumi dan sampai saat ini sudah 30 perusahaan yang melakukan MoU dengan BSI Sukabumi yang bergerak dibidang Perbankan, Finance, Manufacture serta Developert. "Dengan kegiatan ini seluruh mahasiswa dan peserta dapat mengetahui bagaimana cara melamar kerja dan bahkan mereka bisa langsung memasukkan lamarannya serta interview langsung dengan perwakilan perusahaan saat itu juga," katanya.

Dijelaskannya, dari jumlah 1.400 mahasiswa BSI Sukabumi sekitar 85 persen sudah terserap di dunia kerja di berbagai perusahaan, bahkan ada juga yang memimilih jalur wiraswasta dengan membuka usaha sendiri seperti warnet, home industri dan lainnya. "Dengan adanya pelaksanaan kegiatan ini sebagai salah satu bukti keseriusan kami untuk meraih kepercayaan masyarakat bahwa kuliah di BSI selain bisa langsung mendapat pekerjaan juga mendidik para mahasiswa menjadi entrepreunership," ujarnya.

Sementara itu salah satu perusahaan jasa penerbangan terkemuka di Indonesia yaitu PT Garuda Indonesia juga ikut andil dalam kegiatan Career & Entrepreneurship Fair BSI 2012 di Sukabumi, dengan membuka pendaftaran calon pramugari. Salah seorang staf Bagian Employe Service Office  PT Garuda Indonesia Yona Wahyuni Kumala mengatakan, ini merupakan yang pertama kalinya pihaknya mengikuti ajang ini. Dimana sebanyak 90 orang telah mendaftar dan dari jumlah tersebut yang akan mengikuti tes akhir yaitu psikotest sebanyak 11 orang. 

"Untuk tahun ini kami membutuhkan 280 orang pramugari seiring dengan penambahan baru armada Garuda," ungkapnya. ( *** )

No comments