Video Of Day

Breaking News

TKPK hadir untuk menanggulangi maslah Kemiskinan


Kota Sukabumi (SukabumiOnlineNews)

Kemiskinan merupakan masalah yang begitu kompleks saat ini dan dihadapi oleh seluruh masyarakat khususnya bagi mereka yang tergolong dalam taraf ekonomi menengah kebawah. Selain miskin dari sisi materi saat ini juga terjadi miskin moralitas yang mempunyai dampak begitu luar biasa dan perlu segera dicarikan solusinya seperti apa untuk menangani masalah tersebut.



Sebagai langkah penanganannya, maka dibentuklah Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) di kota dan kabupaten, karena masalah kemiskinan bukan hanya tanggung jawab pemerintah pusat melainkan juga tanggungjawab seluruh pemerintah daerah. Dimana untuk jabatan sebagai Ketua TKPKP baik di level provinsi, kota dan kabupaten di jabat oleh wakil kepala daerah.



“Kehadiran TKPK untuk mengkoordinir seluruh dinas maupun instansi yang mempunyai program penanggulangan kemiskinan,” kata Wakil Walikota Sukabumi H. Mulyono yang juga menjabat sebagai Ketua TKPK Kota Sukabumi, kemarin.



Dijelaskannya, TKPK dibentuk berdasarkan Perpres No. 15 Tahun 2010 sebagai salah satu mitra kerja TNP2K di tingkat daerah. Sedangkan untuk mengatur mekanisme kerja TKPK daerah, maka Mendagri mengeluarkan Permendagri No. 42 Tahun 2010 tentang Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan provinsi dan kabupaten/kota.



“TKPK di daerah harus bisa melaksanakan koordinasi penanggulangan kemiskinan di daerah masing-masing serta mengendalikan kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan,” ujarnya.



Menurut Mulyono, untuk menangani masalah kemiskinan bukan hanya terfokus kepada pembangunan fisik saja, melainkan juga pembenahan mental dan ekonomi. Karena saat ini yang masih menjadi permasalahan utama kemiskinan adalah Sumber Daya Manusia (SDM) nya. 



Dicontohkannya, berbagai pembangunan fisik seperti perbaikan Rumah Tidak Layah Huni (RTLH) baik itu dari Kemenpera maupun PNPM-MP merupakan salah satu cara untuk menanggulangi masalah kemiskinan yang berkaitan dengan kebutuhan tempat tinggal. 


“Saat ini berdasarkan data dari BPS jumlah masyarakat miskin di Kota Sukabumi mencapai angka 11.820 orang dan berdasarkan data dari Pemkot Sukabumi merujuk pada program jamkesmas dan jamkesda pada tahun 2011 berjumlah 71.000 orang,” ungkapnya. (Herry)

No comments