Video Of Day

Breaking News

PNPM MP Harus Bisa Tumbuhkan Gairah Perekonomia.

Kota Sukabumi (SukabumiOnlineNews)
Wakil Walikota Sukabumi H. Mulyono berharap agar pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP) di Kota Sukabumi, dapat berdampak positif terhadap pengentasan program kemiskinan. Bukan hanya difokuskan pada hal pembangunan sarana umum, terapi harus bisa menumbuhkan gairah perekonomian agar kesejahteraan masyarakat Kota Sukabumi semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"PNPM-MP sebagai program pemberdayaan masyarakat, salah satu tugasnya untuk mengentaskan kemiskinan di daerah," katanya usai membuka pelaksanaan kegiatan penguatan KSM se Kecamatan Gunungpuyuh di Aula Kantor Kelurahan Karang Tengah, belum lama ini. Hadir dalam acara itu Camat Gunungpuyuh Wawan Gunawan Permana, Lurah Karang Tengah Sholeh, Koordinator PNPM-MP Kota Sukabumi, pihak perbankan, pengusaha serta seluruh pengurus dan anggota KSM se Kecamatan Gunungpuyuh.

Dijelaskan, berdasarkan data yang ada saat ini jumlah warga miskin di Kota Sukabumi sekitar 11.800 KK dengan jumlah 46.000 jiwa dari 356.085 jiwa jumlah masyarakat Kota Sukabumi saat ini. Oleh karenanya pemerintah pusat terus menggalakkan berbagai program pemberdayaan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dimana salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat miskin, diantaranya bantuan sosial berupa beras miskin (raskin), bantuan pendidikan melalui program BOS.

"Untuk itu hadirnya PNPM-MP harus bisa berdampak terhadap daya ungkit kesejahteraan masyarakat, salah satu caranya berdayakan masyarakat melalui program PNPM  dan beri mereka informasi serta jalin komunikasi yang intensif," ujarnya.

Oleh karenanya, Mulyono menghimbau kepada pelaksana PNPM-MP di Kota Sukabumi agar menjalin kemitraan dengan pihak perbankan dalam hal kemudahan pemberian Kredit Usaha rakyat (KUR) sebagai modal usaha bagi masyarakat yang ingin berwirausaha. "Saya berharap perlu ada perubahan pola pikir masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraannya". Pungkas Mulyono. (Malik)

No comments